Minggu, 15 Agustus 2010

Serba-serbi Kurma

Sudah banyak yang tahu buah kurma sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung vitamin dan mineral yang penting seperti vitamin B-kompleks, magnesium, besi, seng, asam folik dan potasium. Kandungan potasium kurma lebih banyak dari pisang. Kurma juga banyak mengandung serat. Tidak banyak buah yang menawarkan banyak manfaat kesehatan seperti kurma.

Buah kurma dipercaya sudah dimanfaatkan manusia sejak ribuan tahun lalu. Kurma menjadi salah satu makanan sehari-hari penduduk Mesopotamia sekitar 4000 BCE. Pohon kurma juga memberikan ‘tiga ratus enam puluh’ kegunaan bagi mereka seperti untuk membuat jarum, benang, kasur, tali, keranjang, bahan bangunan dan kebutuhan rumah tangga lainnya termasuk sebagai bahan makanan dan minuman.

Pohon kurma banyak ditemukan di Timur Tengah tapi juga banyak dijumpai di AS terutama di California, tepatnya di Coachela Valey, Riverside county, dimana banyak ditemukan perkebunan kurma. Pohon kurma di AS diperkenalkan oleh bangsa Spanyol pada th 1765 tetapi baru menjadi barang komoditi pada tahun 1903. Perkebunan kurma di Coachela Valey merupakan penghasil kurma terbesar di AS. Kebutuhan kurma AS sebagian besar dapat dipenuhi oleh produk dalam negri AS.

Pohon kurma komersial biasanya hasil dari pencangkokan untuk memastikan buah dengan kualitas yang diinginkan. Pohon kurma bisa tumbuh mencapai ketinggian sekitar 30 meter dan bertahan hidup lebih dari 200 tahun. Pohon kurma adalah dioecius - ada yg bersifat betina dan ada pula yang bersifat jantan. Pohon betina menghasilkan buah dan pohon jantan menghasilkan serbuk sari (pollen). Perkebunan kurma komersial di AS biasanya memiliki satu pohon jantan dan lima puluh pohon betina setiap acre-nya. Penyerbukan yang menggantungkan pada angin saja dianggap kurang efisien. Penyerbukan yang dilakukan manusia merupakan salah satu teknik pertanian paling tua dan dianggap lebih efisien.


Buah kurma masak dalam waktu enam atau tujuh bulan. Musim panen buah kurma di AS adalah dari bulan September sampai dengan bulan Desember. Para pemetik buah kurma yang juga disebut palmeros menggunakan tangga atau dibantu alat pengangkat yg digerakan oleh mesin ketika memetik buah kurma. Mereka memetik buah kurma satu persatu dengan menggunakan tangan atau memotong serangkaian buah dan dimasukan ke semacam wadah yang berguncang dan memisahkan buah dari tangkainya. Jenis pohon kurma yang dibudidayakan di California antara lain adalah Medjool, Deglet Noor dan Bahree.


Buah kurma memakan waktu sampai dengan 200 hari terhitung dari polinisasi sampai matang di pohon. Perkembangan buah kurma bisa dibagi menjadi lima yaitu hababauk, kimri, khalaal, rutab dan tamr. Hababauk adalah istilah yang digunakan untuk bunga pohon kurma jenis betina ketika berubah menjadi buah yang masih berwarna putih kekuningan sebelum secara bertahap berubah menjadi warna hijau pada tahap kimri (minggu ke 5 -17). Selama tahap kimri buah bertambah besar dan berat secara cepat dan berubah warna dari hijau menjadi kuning atau merah. Pada akhir tahap ini secara biology buah bisa dikatakan sudah matang dan bijinya kalau ditanam bisa tumbuh. Pada tahap khalaal (minggu ke 19 -25) perkembangan berat melambat tetapi kandungan sukrosanya bertambah dan kandungan cairannya berkurang. Pada beberapa jenis buah kurma, pada tahap khalaal sudah bisa dimakan. Ketika biasanya ujung buah berubah warna menjadi kecoklatan, mulailah memasuki tahap rutab (minggu ke 26- 28) di mana ditandai dengan berkurangnya berat karena berkurangnya cairan, dan sebagian sukrosa berubah menjadi gula (invert sugar) dan selaputnya menjadi lebih lembut. Kandungan cairannya (kelembabnya) hanya tinggal sekitar 35% dan buah kurma tahap ini biasanya dijual sebagai buah segar. Jika buah kurma dibiarkan lebih masak di pohon akan memasuki tahap tamr (minggu ke 29) dan kandungan cairannya tinggal 20%.

Kurma yang beredar di pasaran sering kali dianggap buah yang telah dikeringkan (dried fruit). Kurma yang dikeringkan benar-benar terasa kering, tidak selembab kurma segar. Kurma segar sebaiknya disimpan dalam wadah yang tertutup rapat (well sealed) dan akan bertahan selama dua bulan di suhu ruangan. Jika disimpan di kulkas bisa bertahan selama satu tahun. Jika dibekukan dan disimpan di freezer bisa bertahan selama beberapa tahun. Menurut website yang memromosikan kurma California, kurma California tersedia sepanjang tahun.


Buah kurma bisa diolah menjadi berbagai macam makanan seperti coconut dates (kurma bertaburan kelapa) atau walnut date rolls. Kurma yang sudah dibuang bijinya bisa diisi dengan keju, almond atau isian lainnya. Kurma juga bisa disajikan dalam salad, ditambahkan pada cereal, dan segala macam masakan seperti muffin, roti, dlsb. Jika anda tertarik pada resep makanan yang menggunakan kurma sebagai salah satu bahannya silakan melihat di http://www.datesaregreat.com/index-11.html

Bentuk pohon kurma, seperti pohon palem lainnya, memiliki bentuk yang menarik sehingga banyak digunakan sebagai tanaman penghias halaman, taman atau kota. Di AS, jika anda tinggal di negara-negara bagian selatan yang relative lebih panas seperti California, Arizona, Texas atau Florida dan tertarik untuk membeli pohon kurma, anda bisa membelinya lewat online. Pohon kurma yang bisa dibeli lewat online salah satunya adalah jenis medjool. Ada yang tertarik?


Sebagai akhir kata saya ucapkan pada kompasianer muslim selamat menjalankan ibadah puasa semoga lancar.

Disclaimer: tulisan ini ditujukan untuk melengkapi tulisan-tulisan mengenai kurma lainnya.

Sumber bacaan:
http://www.datesaregreat.com/index.html

http://www.fao.org/docrep/t0681e/t0681e00.htm

Sumber :
Reni Bloghead
http://green.kompasiana.com/group/penghijauan/2010/08/06/serba-serbi-kurma/
6 Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar